Friday, May 28, 2004

Trilogy: Gaptek 1

Aku pikir anak sekarang tu dah pada internet savvy.
Lha mereka kan dah dikelilingi teknologi computerized.
Paling ngga, pernah lha yaa browsing internet?
Paling ngga, punya kali ya email address?
Taunya?
BC... (ga usah gue ulang dong, kepanjangannya. Liat di posting sebelumnya!)

Ternyata Tahap Inovasi di mereka (urutannya kalo ga salah: Innovator, Early Majority, Majority, Laggards) kebanyakan masih di level laggard!
Ya, ternyata Indonesia yang majemuk ini ga bisa dirata-rata tingkat inovasi penduduknya ya? Biar kata mahasiswa, yang katanya kaum intelektual, ternyata masih banyak yg blm terekspos internet. Gw coba mafhum (duile bahasanya!), mahasiswa kan juga dari latar belakang ekonomi dan sosial yang beragam? Betul?

Jadi waktu itu gw ngasi tugas buat mahasiswa gw (FYI, gw nyambi ngajar sminggu skali). Mereka bikin tugas kelompok ttg perkembangan computer dan internet di Indonesia. Paper kecil-kecilan, cuma empat halaman. Kayaknya biasa aja kaan?
Tapi usai pelajaran, bbrp orang nemuin gw untuk nanya2. Pikir gw, mereka nyari perhatian gue aja... *mesem-mesem seneng*

Mhs: Bu, nyari bahannya di mana?
Gw : ya ampun, bisa dari Koran, majalah, perpustakaan. Apa aja. Kamu kan dah gede… (gw jawab ringan, abis gw pikir mrk cuma sok akrab ama dosen. hehe… ge er ya gue!)
Mhs: ya ibu… majalahnya apa, judulnya apa Bu?
Gw : duh kamu, yang namanya nyari ya di situ seninya. Kumpulin dari beberapa majalah, Koran, buku. Atau coba aja di internet.
Mhs : (empty look) internetnya dmn?
Gw : (confuse look) ya… cari aja di search engine, google gitu.
Mhs : apa bu? Bentar saya tulis. Gugel?


Obviously, he had no idea what I’m saying.
And obviously, they’re not just trying to get my attention. Silly me.

Gw : G..o..o..g..l..e
(trus untuk jaga-jaga, gw tambahin)
www.google.com
Mhs :ooo… makasi bu.


The following week:

Mhs : Bu, saya blom bisa kumpulin tugas. Saya ga ketemu bahannya.
Gw : masa si? Saya ambil dari situ kok.
Mhs : saya kan ke gogel itu, trus ga ada apa-apanya… (innocent look)
Gw : (mencoba mencerna. Mulai dapet pencerahan)
Kamu ga ketik key word-nya? Computer di Indonesia. Atau Internet di Indonesia gitu.
Mhs : ketik dimana bu?


GubRaKKkkk!!!

No comments: